Ajax Amsterdam Maju Babak Grup, Dinamo Zagreb Gagal

Ajax Amsterdam Maju Babak Grup, Dinamo Zagreb Gagal

Babak kualifikasi Liga Champions Eropa musim 2018/2019 sudah memasuki babak playoff. Kemenangan pada babak ini, akan membawa klub yang menang masuk ke babak grup atau utama Liga Champions Eropa. Hari pertama leg kedua babak playoff Liga Champions Eropa, sudah menghasilkan 3 tim yang masuk.

Menunggu 3 tim lain yang baru bertanding Kamis malam Ketiga klub yang sudah memastikan lolos ke babak grup adalah Ajax Amsterdam, Dinamo Zagreb dan AEK Athens. Ketiga klub itu akan masuk pot empat saat drawing Liga Champions Eropa pada hari Jumat nanti.

Ajax menjadi salah satu klub yang mencuri perhatian pada babak playoff yang lalu. Klub elit dari Liga Belanda ini merupakan runner-up Eredivisie musim 2017/2018. Menurunnya prestasi sepakbola Belandan dalam satu dasawarsa terakhir, membuat klub dari Eredivisie mesti melalui babak kualifikasi untuk dapat masuk babak grup Liga Champions Eropa.

Ajax sendiri harus berjuang dari round kedua babak kualifikasi kala melawan Strum Graz. Lalu melawan Standard Liege di babak ketiga dan terakhir melawan Dynamo Kyiv di babak playoff.

Berhadapan dengan klub asal Ukraina itu, Ajax mendapat keuntungan karena terlebih dahulu bermain sebagai tuan rumah. Bermain di kandang sendiri, Ajax berhasil menang dengan skor 3-1 pada leg pertama.

Melangkah ke leg kedua, Ajax bermain pragmatis dan cenderung bertahan. Dynamo Kyiv akhirnya gagal lolos karena hanya bermain imbang 0-0 di leg kedua. Ajax lolos ke babak grup dengan keunggulan agregat dengan skor 3-1.

Tim langganan yang gagal lolos ke babak grup adalah Dinamo Zagreb. Klub yang berasal dari Liga Utama Kroasia ini gagal melangkah ke babak grup usai mengalami kekalahan mengejutkan di leg kedua babak playoff.

Pada leg pertama, Dinamo Zagreb berhasil menahan imbang Young Boys dengan skor 1-1. Namun, pada leg kedua Dinamo Zagreb kalah dikandang sendiri dengan skor 1-2. Hasil 3-2 membawa Young Boys melangkah ke babak grup, sedang Dinamo Zagreb harus puas berlaga di Liga Eropa.