Akhir Kisah Pahit Joe Hart di Manchester City

Akhir Kisah Pahit Joe Hart di Manchester City

Adakah pemain paling getir kisahnya pada beberapa tahun dibanding Joe Hart ? Kiper yang sempat digadang-gadang menjadi kiper terbaik Timnas Inggris. Meski sempat menjadi kiper utama di Manchester City, namun kedatangan Pep Guardiola membuat Joe Hart mengalami nasib  yang terkantung-kantung selama 3 musim terakhir.

Joe Hart datang dari Shrewsbury dengan transfer sebesar 900 ribu Euro pada tahun 2006. Setelah sempat dipinjamkan ke beberapa klub, akhirnya Joe Hart menjadi kiper utama Manchester City sejak tahun 2010. Sejak tahun 2010 tadi, Joe Hart menjadi bagian tidak terpisahkan menjadi bagian dari era keemasan Manchester City.

Selama membela Manchester City selama 6 tahun dari 2010 sampai 2016, Joe Hart membawa City meraih beberapa gelar penting. Tercatat, Joe Hart ikut membawa Manchester City meraih 2 gelar juara Liga Primer Inggris, 1 gelar Piala FA, 2 gelar Piala Liga dan 2 Comunnity Shield. Prestasi ini membuat Joe Hart layak mendapat gelar legend di Manchester City.

Namun seiring waktu berjalan, kedatangan Pep Guardiola pada tahun 2016 lalu memberikan dampak langsung bagi karier Joe Hartd di City. Guardiola memiliki keinginan yang berbeda untuk kiper yang dimiliki oleh Manchester City. Pelatih asal Spanyol ini menginginkna kiper yang kuat dalam penguasaan bola dan dapat memulai permainan dari lini pertahanan.

Dua keinginan dari Pep Guardiola tadi tidak dimiliki oleh Joe Hart. Hal inilah yang membuat Joe Hart sejak tahun 2016 menjadi pemain yang dipinggirkan oleh Guardiola. Demi mengejar waktu bermain, Joe Hart akhirnya menerima opsi peminjaman ke Torino.

Selama setahun, Joe Hart merasakan ketatnya persaingan Serie-A. Penampilan Joe Hart di Torino juga cukup baik dengan berlaga di 36 laga Serie-A. Namun, gaji yang besar membuat Torino enggan mempatenkan Joe Hart.

Kembali ke Manchester City pada tahun 2017, Joe Hart tetap tak dapat sesuai keinginan Guardiola. Akhirnya Joe Hart kembali dipinjamkan ke West Ham United selama setahun. Namun selama membela West Ham United, Joe Hart hanya bermain di 19 laga Liga Primer Inggris. Sama seperti Torino, West Ham United enggan mempatenkan status Joe Hart.

Setelah sempat mengalami status tak jelas, Joe Hart mendapat kepastian dengan pindah ke Burnley dengan nilai transfer 3,5 juta Euro. Kini Joe Hart sudah resmi membela Burnley dan mengakhiri masa tak pasti bersama Manchester City.