China Mendominasi di Asian Games 2018, Rafika Gugur Rebut Medali di Cross Country Putra

China Mendominasi di Asian Games 2018, Rafika Gugur Rebut Medali di Cross Country Putra

Rafika Mokhamad Farisi selaku pembalap sepeda Indonesia gagal merebut medali untuk cabang mountain bike pada nomor cross country putra di Asian Games 2018. Pasalnya, pertandingan yang dilaksanakan di Subang, Jawa Barat pada Selasa (21/8/2018) diketahui jika Rafika hanya berhasil merebut urutan ke-9 dari 22 negara peserta yang dilibatkan.

Rafika berhasil menorehkan waktu selama 1:41:01 untuk balapan cross country di Asian Games 2018 dengan menempuh 7 etape. Rafika merebut posisi ke-6 terbaik untuk lap ke-4 dengan menempuh jarak sepanjang 18 km. Tak hanya itu, ia pun untuk pertandingan ini hanya memakan waktu selama 14:33 saja.

Hasil serupa juga direbut pembalap Indonesia yakni Chandra Rafsanzani yang telah berhenti sejak lap 4 dan hasil catatan yang ditorehkannya memakan waktu selama 1:01:04.

Kemudian, pembalap dari China menguasai pertandingan untuk nomor cross country, yakni Hao Ma yang sukses mendapat emas usai menghasilkan waktu balapan terbaik lama 1:34:58.

Selain itu, medali perak pun berhasil direbut China melalui Xianjing Lyu dimana memiliki selisih 01:04 dengan Hao Ma, sementara perunggu direbut Kirill Kazantsev asal Kazakstan dengan hasil selisihnya sekitar 02:32.

Indonesia yang bertanding pada Senin lalu rupanya mampu mengokohkan 2 medali emas di Asian Games 2018 melalui Tiara Andini Prastika serta Kholil Mukhib. Kedua pembalap sepeda ini juga merebut 1 perunggu dari Nining Purwaningsih melalui disiplin downhill.

Maka dari itu, hasil pertandingan untuk cabang olah raga sepeda yang dikutip melalui website resmi Asian Games 2018 atas urutan 10 teratas untuk nomor cross country adalah :

  1. Hao Ma : China
  2. Xianjing Lyu : China
  3. Kirill Kazantsev : Kazakstan
  4. Faraz Shokri : Iran
  5. Mohammad Pursharif : Iran
  6. Toki Sawada : Jepang
  7. Pariwat Tanlek : Thailand
  8. Shakir Adilov : Kazakhstan
  9. Rafika Mokhamad Farisi : Indonesia
  10. Soon Woo Kwon : Korea Selatan

Rafika bertahan di urutan ke-9 usai dikalahkan beberapa negara peserta lainnya dari China, Kazakhstan, Iran, Jepang dan juga Thailand. Namun, untuk 10 peringkat terbaik cabang sepeda bahwa Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan yang menduduki urutan ke-10 yang diwakili Soon Woo Kwon.