Dominasi Negara Asia Timur dan Barat di Babak 8 Besar Asian Games

Dominasi Negara Asia Timur dan Barat di Babak 8 Besar Asian Games

 

Babak 16 besar Asian Games cabang sepakbola Putra telah usai. Setelah melalui pertarungan ketat, menghasilkan 8 negara yang lolos ke babak 8 besar. Hal yang menarik, negara-negara kawasan Asia Timur dan Asian Barat mendominasi babak 8 besar dengan mengirim 6 negara. Sisa 2 negara lainnya berasal dari Asia Tenggara dan Asia

Negara Asia Timur berhasil meloloskan 3 negara di babak 8 besar Asian Games. Ketiga negara tadi adalah Jepang, Korea Utara dan Korea Selatan. Jepang lolos ke babak 8 besar usai mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0. Gol tunggal ini baru dicetak pada menit ke-89 melalui tendangan penalti dari Ayasi Ueda. Jepang sendiri dibabak 8 besar akan berhadapan dengan Saudi Arabia.

Duo Korea yaitu Korea Utara dan Korea Selatan. Korea Utara pada babak 16 berhasil mengalahkan Bangladesh dengan skor 3-1. Ketiga gol tadi dicetak oleh Kim Yu-Song (13), Han Yong-Thae (38) dan Kang II Kuk-Chol (69). Bangladesh hanya dapat mencetak satu gol melalui kaki Uddin (91). Korea Utara sendiri akan berhadapan dengan UEA di babak 8 besar.

Negara terakhir yang lolos ke babak 8 besar dari kawasan Asia Timur adalah Korea Selatan. Berhadapan dengan Iran, Korea Selatan berhasil mengatasi permainan keras dari Iran. Korea Selatan berhasil menang dengan skor 2-0. Kedua gol ini dicetak oleh Hwang Ui-jo pada menit ke-40 dan Lee Seung-Woo pada menit ke-55. Korea Selatan di babak 8 besar akan berhadapan dengan Uzbekistan.

Negara kawasan Asia Barat juga mendominasi pada babak 8 besar. Tercatat, ada 3 negara Asia Barat yang lolos ke babak 8 besar. Ketiga negara Asia Barat itu adalah Syria, Saudi Arabia dan UEA.

Syria berhasil lolos ke babak 8 besar usai mengalahkan Palestina dengan skor 1-0. Negara Asia Barat lain yang lolos ke babak 8 besar adalah Saudi Arabia usai mengalahkan Tingkok dengan skor 4-3. Negara terakhir yang lolos ke babak 8 besar dari Asia Barat adalah UEA. Berhadapan dengan tuan rumah Indonesia, UEA berhasil menang melalui babak adu penalti 4-3.

Kini kedua kawasan tadi akan saling berhadapan di babak 8 besar.  Target meraih medali emas membuat negara dari 2 kawasan tadi tampil habis-habisan.