Indonesia Kalahkan Thailand dari Perhitungan Jumlah Bonus Atlet di Asian Games 2018

Indonesia Kalahkan Thailand dari Perhitungan Jumlah Bonus Atlet di Asian Games 2018

Indonesia diketahui telah memberikan bonus untuk para atlet yang berprestasi karena berhasil menyabet medali di Asian Games 2018. Akan tetapi, kejadian ini bukan hanya dilakukan pemerintah Indonesia saja karena Thailand pun melakukan langkah serupa walaupun hasil akhir yang mereka dapatkan hanya menduduki posisi ke-12 di klasemen akhir Asian Games 2018.

Pasalnya, beberapa atlet Indonesia yang mengukir prestasi di Asian Games 2018 telah kebanjiran bonus. Bagaimana tidak, pencairan dana dari pemerintah pusat rupanya memberi bonus kepada peraih emas individu senilai Rp.1.5 miliar, sementara peraih perak senilai Rp.500 juta dan peraih perunggu senilai Rp.250 juta.

Jumlah tersebut rupanya berbeda sesuai kategori atlet antara perorangan, beregu serta ganda yang dilibatkan. Namun, bagi atlet yang kurang beruntung karena tidak menyabet medali rupanya tetap mendapat bentuk apresiasi dari pemerintah karena diberikan bonus sebesar Rp.20 juta  serta jajaran staf kepelatihan pun mendapatkan bonus dari pemerintah.

Indonesia diketahui berhasil menduduki posisi ke-4 pada klasemen akhir di Asian Games 2018 dengan perolehan 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Bahkan, pemerintah pun tidak tanggung-tanggung memberikan bonus hingga Rp.210 miliar bagi para atlet dan pelatih yang mewakili Indonesia di Asian Games 2018.

Thailand yang hanya menempati posisi ke-12 hanya berhasil meraih 11 emas, 16 perak dan 46 perunggu. Akan tetapi, pemerintah dari negara ini mempersiapkan bonus dengan jumlah yang lebih rendah sekitar 280 juta baht atau sekitar Rp.127 miliar untuk para atlet serta ofisial resminya di Asian Games 2018.

Dikutip melalui Bangkok Post melalui Dana Pembangunan Olahraga Nasional Thailand, yakni pemerintah dari Negeri Gajah Putih memasang nominal senilai 2 juta bath atau sekitar Rp.908 juta untuk atlet peraih medali emas, sedangkan penyabet medali perak dan perunggu mendapat bonus yang sama sebesar 1 juta bath atau setara dengan Rp.454 juta serta 500 ribu bath, yakni sekitar Rp.227 juta.

Bahkan, bonus yang diberikan pemerintah Thailand bukan hanya untuk para atlet saja namun juga bagi pelatih dan persatuan olahraga nasional juga mendapat bonus sekitar 20%-30% atas bonus yang didapatkan semua atletnya. Apabila dirata-ratakan maka jumlahnya menembus 279.65 juta bath atau sekitar Rp.127 miliar.

Tak hanya itu, rincian bonus yang telah ditetapkan tersebut juga akan diberikan ketika pelaksanaan resepsi atas para atlet pada Oktober 2018 mendatang.