Kiprah Timnas Sepakbola Negara Asia Tenggara di Asian Games 2018

Kiprah Timnas Sepakbola Negara Asia Tenggara di Asian Games 2018

Asian Games 2018 cabang sepakbola putra telah menyelesaikan babak grup. Kini sudah ada 16 Timnas yang akan bertarung di babak 16 besar. Zona AFF atau Asia Tenggara sendiri pada Asian Games 2018 mengirimkan 6 negara yang bertanding di babak grup.

Hingga babak grup kemaren usai, terdapat beberapa negara yang sukses melangkan, tapi ada juga yang gagal melangkah ke babak selanjutnya. Berikut ini ulasan kiprah timnas sepakbola negara Asia Tenggara pada babak grup Asian Games 2018.

1. Timnas Indonesia

Tuan rumah Asian Games 2018 yaitu Timnas Indonesia berhasil melangkah ke babak 16 besar. Berada di grup A bersama Palestina, Hongkong, China Taipei dan Laos, penampilan Timnas Indonesia tampak meyakinkan sejak laga perdana.

Secara keseluruhan, Timnas Indonesia berhasil meraih 3 kemenangan dan sekali kalah. Total 11 gol dicetak dan hanya kebobolan 3 kali. Timnas Indonesia pun lolos sebagai juara Grup A, dan akan berhadapan dengan UEA di babak 16 besar.

2. Timnas Laos

Satu grup dengan Timnas Indoesia, Timnas Laos hanya dapat mengumpulkan 3 poin saja selama melakoni 4 laga di Grup A. Timnas Laos pada 3 laga awal, harus menelan kekalahanberuntun atas Indonesia, Palestina dan Hongkong. Baru pada laga keempat Timnas Laos dapat meraih kemenangan. Timnas Laos pun harus puas berada di posisi keempat klasemen Grup A.

3. Timnas Thailand

Satu lagi negara yang gagal melangkah ke babak 16 besar dari Asia Tenggara adalah Timnas Thailand. Raksasa sepakbola Asia Tenggara ini hanya dapat mengumpulkan 2 poin saja. Raihan poin ini hanya membuat Timnas Thailand menempati posisi ketiga Grup B. Raihan 2 poin tadi tidak cukup membawa Timnas melangkah ke babak 16 besar.

4. Timnas Timor Leste

Negara lain dari zona Asia Tenggara yang tampil buruk adalah Timnas Timor Leste. Negara termuda di Asia Tengara ini, pada laga di Grup C gagal meraih satu poin pun. Raihan minor ini membuat Timnas Timor Leste terdampar di posisi juru kunci Grup C.

5. Timnas Vietnam

Timnas Vietnam menjadi negara yang membuat kejutan di Asian Games 2018. Bersaing dengan raksasa sepakbola Asia, yaitu Timnas Jepang di Grup D, tidak membuat “The Golden Star” gentar. Bahkan pada laga terakhir Grup D, Timnas Vietnam berhasil menundukan Timnas Jepang denagn skor 1-0, sehingga menjadi juara Grup D dengan raihan poin semprna yaitu 9 poin.

6. Timnas Malaysia

Kejutan lain juga datang saat Malaysia secara heroik berhasil mengalahkan juara bertahan Asian Games yaitu Timnas Korea Selatan dengan skor 2-1, pada laga kedua Grup E. Kemenangan ini membuat Malaysia menjadi negara pertama di Grup E yang memastikan lolos ke babak 16 besar. Meski kalah dari Bahrain di laga kedua, Timnas Malaysia sukses menjadi runner-up Grup E.

7. Timnas Myanmar

Negara terakhir yang gagal lolos ke babak 16 besar dari zona AFF adalah Timnas Myanmar. Meski meraih kemenangan 0-1 dari Iran, namun raihan poin Timnas Myanmar tidak cukup untuk membawa Timnas Myamar lolos ke babak 16 besar karena berada di juru kunci grup F.