Langkah Terjal Timnas Indonesia U-23 di Asian Games Grup A

Langkah Terjal Timnas Indonesia U-23 di Asian Games Grup A

Langkah Timnas Indonesia U-23 pada Asian Games 2018 Grup A sepertinya tidak akan mudah. Kekalahan 1-2 dari Palestina kemaren malam, membuat Evan Dimas dan kawan-kawan mesti bekerja keras pada 2 laga sisa Grup A. Kekalahan yang membuat Timnas Indonesia terperosok di posisi ketiga klasemen sementara Grup A.

Palestina untuk sementara masih berada di puncak klasemen dengan 7 poin dari 3 laga dan Hongkong bertengger di posisi kedua dengan 6 poin hasil dari 2 kali bertanding. Peluang Indonesia masih terbuka, karena masih ada 2 laga sisa di Grup A.

Langkah Timnas Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya akan dimulai kembali kala berhadapan dengan Laos U-23. Secara kekuatan, Laos adalah tim paling lemah dalam Grup A. Tercatat pada 2 laga awal, Laos menjadi lumbung kekalahan dari Hongkong, Indonesia dan Palestina. Pada 2 laga awal tadi, Laos belum meraih satu poin pun karena kalah dari Hongkong dan Palestina.

Pada 2 laga yang sudah dijalani oleh Laos pula, gawang Laos sudah kebobolan 5 gol dan baru memasukan 2 gol. Peluang lolos ke babak selanjutnya bagi Laos belum tertutup, namun sangat tipis. Menghadapi Laos, Indonesia mesti menang dengan skor besar agar dapat membuka peluang lolos ke babak selanjutnya.

Timnas Indonesia memiliki skuad yang cukup baik. Alberto Goncalves akan kembali diandalkan sebagai juru gedor utama. Pada laga melawan Palestina kemaren, Beto tidak dimainkan. Absennya penyerang naturalisasi ini memberikan celah kosong di lini depan.

Laga lain yang lebih sulit adalah melawan Timnas Hongkong U-23. Hasil baik pada 2 laga awal Grup A, Hongkong berhasil meraih 6 poin. Raihan poin yang membawa Hongkong bertengger di posisi kedua, diatas posisi dari Timnas Indonesia.

Tidak seperti melawan Laos, Timnas Hongkong memiliki kualitas permainan yang jauh lebih baik. Terbukti pada 2 laga awal, Hongkong mencetak 7 gol. Lini pertahanan Timnas Indoesia wajib memperkuat lini belakang yang pada laga kedua melawan Palestina terlihat rapuh.

Kini Timnas Indonesia U-23 wajib menang pada laga melawan Laos dan Hongkong. Tidak ada hasil imbang atau bahkan kalah. Jika gagal menang, target lolos ke babak semifinal Asian Games 2018 akan gagal tercapai.