Pelatih Klub Liga Inggris Tempati Gaji Tertinggi Di Dunia - Berita Bola

Pelatih Klub Liga Inggris Tempati Gaji Tertinggi Di Dunia

Bukan hanya pemain saja di klub dengan banderolan harga tinggi, pelatih klub juga mendapatkan gaji fantastis setiap tahunnya. Bahkan pemenang Premier League musim ini, Manchester City, memperpanjang manajernya, Pep Guardiola, hingga 2021. Hal ini dilakukan pada kamis (17/05/2018), setelah secara resmi The Citizen di tetapkan sebagai pemenang.

Sudah jelas ini membuat harga kontrak yang ditawarkan pada Guardiola melonjak tajam, sepertinya ini bukan hal yang memberatkan dan Guardiola nyaman berada di Etihad Stadium. Di kabarkan oleh beberapa media Inggris, jika pelatih asal Spanyol tersebut menerima gaji 20 juta pounds setiap tahunnya, hal ini menjadi gaji tertinggi pelatih di seluruh dunia.

Namun ini dianggap wajar, jika melihat pergerakan Manchester Biru di Premier League, dalam 38 pertandingan. Hanya mengalami kekalahan empat kali, berbagi poin alias seri dua laga dan sisanya, ada 32 kemenangan yang mengantarkan pada raihan 100 poin hingga akhir musim.

Hal ini membuat Manchester City berhasil membuat rekor baru, mulai dari jumlah kemenangan terbanyak, jumlah gol terbanyak hingga perolehan poin hingga akhir musim tertinggi. Bahkan musim ini Guardiola berhasil memberikan dua trofi kemenangan, Piala Liga Inggris dan Premier League.

Ternyata bukan hanya Guardiola saja yang menerima gaji tinggi, ada beberapa pelatih lagi di seluruh dunia yang menerima gaji tahunan dengan jumlah fantastis. Siapa saja mereka? Mari kita bahas satu per satu.

5 Pelatih Klub Dengan Gaji Tertinggi di Dunia

1. Pep Guardiola, 20 Juta Pounds

Sudah tidak perlu di tanyakan lagi, bukan sekadar gosip gaji 20 juta pouns setiap tahun. Ini akan diterima Guardiola hingga 2021 mendatang, sudah pasti ini karena kontribusinya berhasil memberikan dua gelar bergengsi di Inggris.

Selain itu, Guardiola berhasil mengantarkan Manchester Biru menjadi tim yang kuat dan solid. Terbukti berada di puncak klasemen Premier League selama beberapa pekan, bahkan meninggalkan saingan kuat yang merupakan tetangga kota sendiri, Manchester United. Tidak bisa berkutik dengan raihan 81 poin hingga akhir musim dan hanya menempatkan di posisi runner up saja.

2. Marcello Lippi, 18 Juta Pounds

Pria berusia 70 tahun ini pernah membawa Italia menjuarai Piala Dunia 2006, prestasi sebelumnya pernah menjadi pelatih Inter Milan dan Juventus pada tahun 1990 hingga 2000an. Bahkan berhasil menempatkan Juventus sebagai juara Serie A dan Liga Champions, namun kini berada jauh dari Eropa.

Memilih menepi ke ASIA, kni Lippi menjadi pelatih timnas China dengan gaji 18 juta pound setiap tahunnya. Ini terbilang sangat besar, namun itulah harga yang pantas untuk pelatih timnas Italia dalam dua periode berturut turut, pada tahun 2004 hingga 2006 dan 2008 hingga 2010. Nampaknya kini Lippi memilih menghabiskan masa tua di ASIA dan mendapatkan masa tua yang menyenangkan.

3. Jose Mourinho, 15 juta pounds

Banyak pencinta bola menganggap jika gaji Jose Mourinho lebih tinggi dari Guardiola, ini salah besar. Manajer Manchester United tersebut hanya mendapatkan 15 juta pounds setiap tahunnya dari Setan Merah, apalagi kini tengah berada dalam daftar manajer yang bersiap untuk dipecat.

Ini karena United gagal mendapatkan satu trofi di musim ini, bahkan jika final Piala FA mendatang kontra Chelsea juga gagal. Sudah bisa dipastikan, jika kursi manajer di Old Trafford akan kosong. Bukan hanya kurangnya prestasi, namun Mourinho di anggap sebagai manajer yang cerewet dan suka membuat sensasi.

4. Fabio Cannavaro, 10,6 juta pound

Pemain yang berhasil mendapatkan Ballon d’Or pada 2006 tersebut, kini memilih menjadi pelatih di Guangzhou Evergrande. Pemain yang pernah masuk skuad timnas Italia tersebut memang terbilang jenius dan tidak ingin meninggalkan karier sepakbola begitu saja.

Sudah menetap sebagai pelatih sejak 2017 lalu, nampaknya pengalaman sebagai pelatih bola pria 44 tahun tersebut terbilang mapan. Bahkan pernah menjadi asisten manajer di klub besar Dubai, Al-Ahli. Namun kini sudah menjadi manajer di bawah kepemimpinan Marcello Lippi di China.

5. Fabio Capello, 8,9 juta pounds

Pernah menjadi manajer Real Madrid pada mulai musim 1996-1997, namun dipecat pada Juni 2007. Pernah juga menjadi saksi kekalahan timnas Indonesia kontra AC Milan pada 1995 lalu. Menduduki posisi manajer timnas Inggris pada 2008 lalu, namun mengundurkan diri karena berselisih paham dengan FA pada Februari 2012 lalu.

Kini lebih memilih untuk melatih Jiang Sainty sejak 2017 lalu, klub sepakbola di Republik Rakyat Thiongkok dengan markas utama di Nanjing Olympic Sports Center. Bahkan dengan gaji yang cukup fantastis, hingga 8,9 juta pounds.

Sudah pasti pelatih yang mendapatkan gaji tertinggi menghasilkan banyak trofi kemenangan, lewat tangan dinginnya sudah bisa menciptakan suasana tim yang kondusif sehingga cocok dengan gelontoran gaji tinggi yang diberikan oleh klub. Nampaknya Pep Guardiola akan semakin bersinar, meninggalkan saingan beratnya Jose Mourinho yang masih bersitegang dengan sesama manajer jelang final Piala FA.