Rasisme, Seksisme Hingga Diskriminasi Meningkat Di Dunia Sepakbola Inggris

Rasisme, Seksisme Hingga Diskriminasi Meningkat Di Dunia Sepakbola Inggris

Di zaman sepak bola saat ini yang begitu populer, ternyata masih ada sisi buruk dalam permainan yang indah – dan tampaknya sisi tersebut semakin buruk.

Rasisme, seksisme, homofobia dan bentuk diskriminasi lainnya terus meningkat pada level yang mengkhawatirkan di dunia sepak bola Inggris, sebuah laporan yang memberatkan diungkap pada hari Senin lalu.

Kick It Out, sebuah organisasi yang berkampanye untuk kesetaraan dalam olahraga tersebut, merilis statistik yang menunjukkan bahwa laporan diskriminasi telah meningkat untuk tahun kelima berturut-turut, dengan temuan meningkat 16,7 persen pada musim 2016-17.
Empat ratus enam puluh sembilan laporan – 67 lebih banyak dibandingkan tahun 2015-16 – diajukan dari seluruh Liga Primer Inggris, Liga Sepak Bola Inggris, Liga Super Putri, pertandingan non-liga, termasuk intoleransi pada media sosial juga diperhitungkan.

Sebesar 48% dari total laporan yang diterima pada 2016-17 terkait dengan ras, 21% terkait dengan diskriminasi seksual dan 17% keluhan terkait dengan keyakinan agama.
Kick It Out mengungkapkan bahwa 56% keluhan yang diterima berkaitan dengan insiden di Liga Primer, 34% di EFL, 9% di tingkat non-liga dan 1% selama pertandingan internasional. Keluhan dalam pertandingan profesional meingkat 53% dari musim 2015-16.

“Statistik pelaporan Kick It Out untuk musim 2016-17 jelas mengindikasikan diskriminasi masih lazim dalam permainan yang indah,” ujar CEO Roisin Wood, Kick It Out.

“Ketika kami menuju ulang tahun ke-25 organisasi ini pada bulan Agustus 2018, ini merupakan peringatan tepat waktu bahwa masih ada pekerjaan penting yang harus dilakukan untuk memastikan semua peserta merasa aman dan tidak dikucilkan dalam olahraga ini.

“Sementara statistik menunjukkan sebagian besar pelaporan terjadi pada permainan profesional, Kick It Out menyadari skala pelaporan yang rendah dalam permainan kelas bawah. Ini adalah salah satu dari sejumlah tantangan yang harus ditangani oleh otoritas sepak bola ke depan.
“Kick It Out secara aktif mendorong semua pihak yang terlibat dalam permainan ini untuk melaporkan setiap diskriminasi yang mereka saksikan atau alami.”

Diskriminasi di semua tingkat sepak bola Inggris dapat dilaporkan pada aplikasi pelaporan Kick It Out ysmh tersedia di App Store dan Google Play – termasuk opsi untuk mengajukan laporan secara anonim.