Setelah Korea Selatan, Kini Jepang yang Kalah di Asian Games

Setelah Korea Selatan, Kini Jepang yang Kalah di Asian Games

Perhelatan Asian Games 2018 cabang sepakbola Putra, memiliki banyak kejutan di babak grup. Setelah kekalahan  mengejutkan Korea Selatan 1-2 dari Timnas Malaysia, negara kuat lain yang kalah adalah Timnas Jepang. Seperti mengulang kekalahan Timnas Korea Selatan, Jepang pun kalah dari negara Asia Tenggara yaitu Timnas Vietnam.

Kedua negara ini sebelumnya telah memastikan 2 tempat di babak 16 besar Asian Games. Kedua negara memiliki jumlah poin yang sama yaitu 6 poin. Selain itu, kedua negara juga memiliki selisih gol yang sama yaitu 5 gol, hasil dari memasukan 5 dan 0 kemasukan. Jadi, laga ini akan menentukan posisi akhir kedua negara di babak grup, apakah sebagai runner-up atau juara grup.

Timnas Jepang yang dilatih oleh Moriyasu, pada laga ini menyimpan beberapa para pemain terbaiknya. Salah satunya top skor sementara Timnas Jepang di Asian Games yaitu Iwasaki. Pemain ini tidak ditampilkan sebagai starter.

Sementara itu, Timnas Vietnam menampilkan para pemain terbaiknya. Park Hang Seo, pelatih Timnas Vietnam mengusung misi meraih kemenangan demi menjadi juara di Grup D. Posisi ini penting untuk menghindari bertemu dengan negara-negara kuat dari grup lain.

Misi kemenangan Timnas Vietnam yang diusung sejak awal, membuat negara yang berjuluk “The Golden Star” ini tampil menyerang sejak awal laga. Permainan cepat ala Vietnam membuat pertahanan Timnas Jepang kerepotan dan membuat para defender panic. Hasilnya baru menit ketiga, Timnas Vietnam berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol dari Nguyen Quang Hai.

Gol cepat ini membuat Timnas Jepang terhentak. Pasca gol tadi, permainan Timnas Jepang lebih gencar, baik dari sisi tengah, sayap ataupun bola mati. Namun kuatnya pertahanan Timnas Vietnam membuat para pemain Jepang frustasi. Hingga babak pertama berakhir, Timnas Vietnam tetap unggul 1-0. ‘

Memasuki babak kedua, Timnas Jepang memasukan pemain andalan mereka yaitu Iwasaki. Meski sudah memasukan top skor mereka, Timnas Jepang selalu gagal menembus pertahanan Vietnam. Hingga peluit akhir dibunyikan, Timnas Vietnam tetap unggul 1-0. Kemenangan ini membuat Timnas Vietnam menjadi juara Grup D, sedang Timnas Jepang harus puas menjadi runner-up Grup D.