Sosok Gareth Southgate, Pelatih yang Kini Menjadi Kebanggan Publik Inggris

Sosok Gareth Southgate, Pelatih yang Kini Menjadi Kebanggan Publik Inggris

Inggris tinggal selangkah lagi menuju final Piala Dunia 2018 untuk meraih gelar juara kedua kalinya. Dinihari WIB nanti masih harus melewati Kroasia terlebih dahulu di Semifinal. Kesuksesan The Three Lions kali ini tentu tak lepas dari sang pelatih, Gareth Southgate. Mantan pemain Inggris ini memang sempat mendapat keraguan pada awalnya, namun kini menjadi pelatih yang segani suporter Inggirs.

Nama Gareth Southgate tidak terlalu asing bagi rakyat Inggris. Sebelum jadi pelatih, dirinya merupakan pemain aktif untuk beberapa klub seperti Crystal Palace, Aston Villa, dan Middlesbrough. Selain itu ia juga bermain untuk timnas Inggris pada rentang tahun 1995 hingga 2004 dengan 57 penampilan dan 2 gol. Daripada kualitasnya seorang bek, rasanya publik Inggris lebih mengenal Southgate sebagai kambing hitam atas kegagalan Inggris melaju ke final Piala Eropa 1996. Kala itu Southgate yang menjadi eksekutor penalti gagal menuntaskan tugasnya dengan baik.

Karir kepelatihan Southgate pun tidak ada yang spesial. Sebelum ditunjuk sebagai pelatih timnas, ia hanya melatih Middlesbrough dan Inggris U-21. Barulah ditahun 2016, Southgate ditunjuk untuk menggantikan Sam Allardyce yang terbelit skandal.

Sejak debut pada Oktober 2016 saat melawan Malta lalu, Southgate sudah menemani Inggris dalam 23 laga, dengan catatan 14 kemenangan, 6 hasil imbang, dan 3 kekalahan. Bahkan dalam fase kualifikasi Piala Dunia lalu, Southgate mampu membawa Inggris menjadi juara grup dan tidak terkalahkan dengan 8 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Menggunakan formasi tiga bek membuat gaya bermain Inggris lebih modern. Apalagi ditangan Southgate banyak pemain muda potensial yang kini menjadi tulang punggung timnas Inggris, seperti Marcus Rashford, Jesse Lingard, Trent-Alexander Arnold, dan kiper Jordan Pickford yang menggantikan posisi kiper utama Joe Hart.

Saat ini Gareth Southgate berpeluang mencatatkan namanya dalam sejarah sepakbola Inggris untuk meraih gelar juara dunia setelah terakhir cukup lama yaitu pada tahun 1966. Mereka juga siap 100% untuk menghadapi Kroasia dinihari nanti. Akankah Southgate benar-benar berhasil membuat seruan fans Inggris “Football is Coming Home” terjadi? Layak untuk dinanti.