Tersingkir di Piala Dunia 2018, 3 Kandidat Pelatih Baru Timnas Spanyol

Tersingkir di Piala Dunia 2018, 3 Kandidat Pelatih Baru Timnas Spanyol

Tidak pernah ada prediksi Timnas Spanyol akan tersingkir sangat dini di Piala Dunia 2018, meskipun terjadi banyak kontroversi, termasu pergantian pelatih yang terjadi satu hari sebelum Piala Dunia di mulai. Sekarang, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) nampaknya mulai berburu pelatih baru, dimana muncul tiga nama sebagai kandidat utama.

Sepertinya RFEF tidak puas dengan kinerja Fernando Hierro yang banyak disalahkan dalam kekalahan Tim Matador kontra Rusia, bahkan Hierro menjadi pengganti Julen Lopetegui karena menerima pinangan untuk menjadi manajer baru Real Madrid, padahal kontrak ini akan di mulai setelah Piala Dunia selesai. RFEF menganggap ini sebagai pelanggaran, sehingga dipecat secara tidak hormat.

Pelatih baru ini akan mendapatkan kontrak selama 4 tahun, sudah jelas target utama adalah Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar. Jose Miguel Gonzalez Martin del Campo atau banyak disebut Michel menjadi kandidat pertama, dimana memiliki pengalaman menangani Real Madrid, namun tidak pada tim senior.

Ada banyak pengalaman sebagai pelatih, mulai dari Malaga, Getafe, Marseille hingga kesuksesan di Olympiakos. Mantan pemain timnas Spanyol dan mengoleksi 66 caps, bahkan bermain di Piala Dunia 1986 dan Piala Dunia 1990.

Kandidat selanjutnya, Quique Sanchez Flores, memiliki banyak pengalaman sebagai pelatih. Mulai dari Ateletico Madrid, Getafe, Espanyol dan Valencia. Bahkan menjadi pelatih di luar negeri, bersama Warfordm Benficam Al-Ain dan Al-Ahli. Namun ada satu kekurangan Flores, dirinya tidak bisa berkerja sama terlalu lama, bahkan juga ada masalah pribadi yang mengandung skandal. Sepertinya bukan kandidat kuat untuk RFEF, karena lebih membutuhkan pelatih jangka panjang dan cenderung stabil dari pemberitaan.

Kandidat paling kuat nampaknya ada pada Luis Enrique, sekarang ini memang kosong jabatan setelah meninggalkan kursi manajer di Camp Nou pada 2017 lalu. Bahkan sebelumnya sempat diperebutkan oleh Arsenal dan Chelsea yang membutuhkan jasa pelatih baru, namun tidak menemukan titik temu dan dipastikan menganggur sekarang ini. Mengoleksi 62 caps, bahkan ikut bermain dalam 3 kali Piala Dunia, ini bisa jadi kandidat paling dicari RFEF.

Belum bisa dipastikan siapa nantinya yang akan menggantikan Hierro, posisi pelatih timnas Spanyol yang baru memang kian terancam. Karena hanya bisa memberikan satu kemenangan saja di babak penyisihan grup, kala berhadapan dengan Iran. Siapa pun pelatihnya, nampaknya harus bisa membuat RFEF merasa bangga dan senang dengan kinerjanya.